Saturday, December 8, 2012

Sifat Manusia Bak Kepiting dalam Ember

Kepiting Dalam Ember

                Susah melihat orang lain senang, dan senang melihat orang lain kesusahan. Itulah yang sering kita jumpai di sekitar kita. Ibarat kepiting di dalam ember yang berebut untuk keluar. Apabila salah satu kepiting tersebut ada yang hampir bisa meloloskan diri maka kepiting lainnya pun berusaha menarik kepiting tersebut supaya gagal keluar dari ember tersebut. Maka dari itu para pencari kepiting tidak perlu khawatir kepiting-kepiting hasil tangkapannya akan keluar dari ember. Dari uraian cerita tersebut dapat kita lihat salah satu watak buruk manusia. Mereka akan berusaha untuk menghalangi keberhasilan orang lain meskipun itu adalah temannya sendiri.
                Di  lingkungan sekitar kita banyak kita jumpai berbagai bentuk persaingan-persaingan antar individu maupun kelompok. Dari lingkugan keluarga, sekolah, masyarakat, hingga lingkungan yang cakupannya lebih luas lagi. Mereka bersaing dan berlomba untuk mendapatkan kedudukan , juara, dan menjadi pemenang. Dari situlah akan muncul perasaan-perasaan yang sebenarnya tidak baik untuk kita pupuk, yaitu berusaha untuk menghalangi saingannya untuk menang dengan cara yang kurang tepat. Diantara peserta maupun anggota, banyak yang berusaha untuk saling menjatuhkan. Mereka takut jika lawan mereka yang akan menjadi juara, mereka khawatir jika mereka akan kalah dan gagal dalam kompetisi tersebut. Hingga pada akhirnya hasil yang mereka dapatkan pun juga tidak bisa optimal, karena yang ada dalam benak mereka bukan untuk berusaha mencapai keberhasilan, namun justru mereka berusaha untuk menjatuhkan lawan.
                Bahwasanya setiap orang itu memiliki kesempatan dan hak untuk berhasil. Hanya terkadang keberhasilan itu bisa diraihnya sekarang atau nanti.Tidak ada orang yang bodoh di dunia ini. Mereka semua memiliki kesempatan untuk meraih keberhasilan dan cita-cita mereka. Namun itu semua tidak bisa lepas dari usaha yang keras serta do’a yang sungguh-sungguh.
                Menjatuhkan orang lain untuk meraih keberhasilan bukanlah kunci utama untuk meraih kesuksesan. Namun semua itu hanya akan menghambat diri kita sendiri untuk berhasil. Daripada berniat untuk menjatuhkan lawan, tidakkah lebih baik jika kita berusaha untuk mengembangkan potensi yang ada dalam diri kita. Capailah  keberhasilanmu dengan cara yang benar.

No comments:

Post a Comment